Panduan Membuat Roket Air Sederhana

Assalamu’alaikum
Halo semuanya, dikesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial kepada anda – anda semua tentang cara membuat roket air.

Kebetulan, saya dan teman – teman sekelas saya, tengah mendapat tugas dari dosen pembimbing kami untuk membuatnya. Jadi tak ada salahnya jika saya bagikan panduannya kepada kalian yang mungkin membutuhkan.
Roket air yang kita buat sendiri terbuat dari bahan yang sangat sederhana sekali, yaitu :
Foto1617

1. 2 buah botol plastik ukuran 1 Liter atau 1,5 Liter (Pastikan Ukurannya Sama)

Foto1593

2. Plastisin Secukupnya

Foto1600

3. Lem G

4. Kapas

5. 2 buah map plastik

Foto1606

6. Lakban

Foto1611

7. Coupling PH 20

Foto1630

8. Selang Kecil dengan panjang 2 cm

Foto1596

Adapun alat yang dibutuhkannya :
  1. Gunting
  2. Soldier
  3. Cutter
Untuk proses pembuatannya menurutku, tidak begitu sulit apalagi bagi kalian yang suka dengan yang namanya kegitan – kegiatan praktek. Adapaun proses pembuatannya adalah sebagai berikut :
  • Lubangi bagian tengah dari kaki botol plastik menggunakan soldier. Kemudain rapihkan menggunakan cutter (Lakuakan juga pada botol kedua)Foto1595
  • Masukan selang kecil kedalam lubang-lubang botol, sehingga kaki – kaki botol saling bertempelan/bertemu. Usahakan selang tepat masuk di bagian kedua lubang, jangan sampai ada kebocoran/celah.
    Foto1597Foto1598










  • Agar kedua botol tertempel kuat, masukan kapas ke dalam sela – sela kedua kaki botol kemudian lumasi dengan lem G.
  • Pada salah satu kepala botol, tempelkan plastisin sehingga tampak seperti pada gambar.
Foto1607
  • Untuk membuat kepala roket, silahkan buat kerucut yang terbuat dari map plastik. Gunting map plastik tersebut sehingga terbentuk sebuah kerucut yang diameternya sama dengan bagian bodi botol. Kemudian pasangkan dan tutupi bagian kepala yang terdapat plastisinnya menggunakan lakban.
  • Untuk membuat sirip roket, caranya sama seperti bagian no. 5 yaitu menggunakan map plastik. SIlahkan buat 3 buah sirip dan tempelkan disekeliling dari bagian bawah roket menggunakan lakban. (Usahakan tiap sirip dari roket  tersebut tebal, salah satu caranya yaitu dengan melipatnya)
  • Untuk membuat roket nampak lebih rapih dan lebih kuat. Kalian bisa membalut sekaligus menutupi bagain sela – sela botol menggunakan map plastik dan keratkan menggunakan lakban.
  • Bagian terakhir yaitu membuat jalan masuknya air ke dalam botol. Caranya yaitu dengan melubangi bagian tutup botol pada bagian bawah roket dengan soldier, setelah itu masukan coupling kedalam lubang tersebut.
Nah begitulah cara membuat roket air nya, bagi kalian yang berminat silahkan ikuti aja instruksi di atas. Dan untuk penanya silahkan tinggalkan komentar dibawah.
Semoga Bermanfaat !

Baca Juga Artikel Bermanfaat kami di situs khusus untuk para Guru di :
idekreatifguru.blogspot.com

6 Responses to "Panduan Membuat Roket Air Sederhana"