Apakah Tubuh Kecoa Mengandung Parasit Yang Membahayakan Manusia?

Alasan kenapa saya memposting artikel jengan judul di atas, karena tak sengaja saya membaca sebuah pemberitahuan di Facebook tentang bahaya membunuh kecoa di rumah. Di sana dikatakan bahwa di dalam tubuh kecoa terdapat cacing halus yang bisa membahayakan tubuh manusia. Adapaun kutipan lengkapnya adalah sebagai berikut :

“BAHAYA MEMBUNUH KECOAK
[Raspedia] Bila anda melihat binatang kecoak di rumah, jangan anda memukulnya sampai mati bahkan sampai (maaf) isi perut kecoak meletet keluar.
Karena didalam perut kecoa terdapat cacing halus/lembut yg tetap hidup meskipun diluar dari tubuh kecoak. Bila cacing ini sudah berada di luar dari tubuh kecoak (perut) dia akan bergerak untuk mencari tempat/indukan baru.
Cacing ini bentuknya sangat pendek, halus dan lembut akan terlihat kasat mata bila jarak pandang sekitar 10-20cm.
Untuk melihat cacing ini, anda dapat menaruh isi perut kecoak diatas kertas hitam atau diatas cermin... disitu akan terlihat pergerakannya.
Sangat berbahaya apabila cacing ini sampai menyentuh kulit tubuh kita (terutama kaki) karena dapat masuk melalui pori-pori kulit atau bila ada luka terbuka pada kulit luar.
Akan jauh lebih baik membasmi kecoak cukup dengan menggunakan semprotan anti serangga, yg dapat membunuh kecoak tanpa harus memukul hingga mengeluarkan isi perutnya.”

Berkenaan dengan hal tersebut, saya pun mencoba mencari sumber untuk memperkuat pernyataan ini. Sampai akhirnya, saya temukan sedikit informasi berkaitan dengan hal tersebut.

Menurut Dr. drh. Upik Kesumawati Hadi, MS, ahli parasitologi dari Departemen Ilmu Penyakit Hewan Institut Pertanian Bogor, mengungkapkan di dalam tubuh kecoa memiliki kemungkinan. terdapatnya sejumlah parasit dan itu di karenakan sifat hidup kecoa yang selalu membersihkan diri dengan menjilat – jilati bagian tubuhnya jika sudah melewati tempat yang kotor. Tidak hanya itu kecoa pun memiliki kebiasaan memakan makanan bekas dan makanan dari tempat sampah. Keadaan dan prilaku kecoa tersebutlah yang berpotensi besar menyebabkan isi serta tubuh kecoa mengandung parasit yang berbahaya.

Selain apa yang di paparkan di atas, tak sengaja saya pun menemukan video yang berdurasi 2 menitan dan dialamnya memutar sebuah rekaman, dimana cacing  keluar dari tubuh kecoa yang sudah mati, entah video ini hoax atau bukan, silahkan anda simak sendiri.

Nah dari Informasi yang saya dapatkan tersebut, meskipun memang tidak ada jurnal resmi yang mengatakan cacing yang terdapat kecoa membahayakan manusia, tak ada salahnya jika kita tidak membunuh kecoa di dalam rumah dengan cara seperti yang di katakan di atas, akan lebih baik jika membasmi serangga menggunakan obat pemasmi serangga.

Semoga Bermanfaat !

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar yah, Sekalian Kenalan Gitu !

 

4 Responses to "Apakah Tubuh Kecoa Mengandung Parasit Yang Membahayakan Manusia?"

  1. terimakasih atas infonya , sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. HOAX !
    http://bapermaspkb.blogspot.com/2014/06/hoax-bahaya-membunuh-kecoa-dan-cacing.html

    ReplyDelete
  3. Kalo untuk informasi parasitnya ngikut ama ahlinya aja. Tapi kalo soal cacing yang keluar dari kecoa itu bener, udah pernah ngeliat sendiri soalnya.

    ReplyDelete