Cara Menentukan Keyword yang Tepat untuk Blog

Sudah lama rasanya saya tidak menulis di blog ini, eitss tapi jangan salah meskipun saya sudah jarang menulis di blog ini tapi bukan berarti saya berhenti menulis di blog lain yang saya miliki juga. Say sedang belajar membuat sebuah blog luar negeri agar pendapatan dari google adense yang saya miliki bisa meningkat. Nah dari hasil proses pembelajaran untuk membuat blog luar tersebut, saya mendapatkan banyak sekali ilmu salah satunya adalah cara menentukan keyword yang tepat untuk blog.

Sudah sepatutnya saya untuk berbagi ilmu yang saya miliki tersebut kepada kalian semua, karena saya pikir semakin saya memberikan ilmu yang bermanfaat buat kalian maka ilmu yang saya miliki tidak akan berkurang malah akan semakin bertambah.


Oke dari pada saya basa-basi kesana sini saya langsung saja ke materi. OK!

Intinya disini saya akan membagikan jurus "long tail keyword", yang mana menurut para ahli IM "Long Tail Keyword" sangat cocok bagi kamu yang blognya masih muda alias belum tua. Jika pun blog kalian sudah tua maka ini akan semakin membuat blog kalian mudah dicari di pencarian google bahkan berada di posisi halaman pertama.
Nah terus bagaimana caranya agar kita bisa dengan mudah mencari long tail keyword? Jangan khawatir saya akan memberikannya gratis . . . Perhatikan step-step dibawah.

1. Silahkan kamu berkunjung ke situs ini (Click Saya)
"Situs tersebut (keywordtool.io) adalah situs yang menyediakan fasilitas pencarian keyword dari short keyword sampai long Tail Keyword" 

2. Setelah itu kamu akan menemukan halamannya seperti gambar dibawah :
Click gambar untuk diperbesar
  • Diatas terlihat ada beberapa tab untuk jenis pencarian ada google, Youtube, Bing dan app store. Disini kita kan menggunakan google, maka silahkanpilih tab google.
  • Pada bagian bawah menu-menu tab, pada kotak paling kiri tuliskan kata kunci yang ingin kamu cari long tail keywordnya, minimal 2 kata, misal : kesehatan tubuh
  • Pada bagian sebelahnya ada beberapa jenis pencarian google berdasarkan negara yang ditargetkan, ganti pencarian google sesuai dengan negara yang inginkan, misal : google.co.id (untuk pencarian google indonesia)
  • Pada bagian bahasa, silahkan ganti dengan bahasa yang negara yang ingin ditargetkan, misal : Bahasa Indonesia
 Jika selesai click kotak merah yang ada disampingnya.
 3. Maka setelah itu kalian akan di bawa ke suatu halaman, yang mana didalamnya terdapat kumpulan keyword-keyword long tail.

Click Gambar untuk diperbesar

Silahkan klik kotak merah yang ada tulisan "Copy All", itu menandakan kita akan mengcopy semua kata kunci tersebut.

Selamat kalian sekarang sudah mendapat puluhan sampai ratusan "long Tail keywords"

4. Tugas kalian sekarang adalah menuju ke google planner (Click Saya), yaitu untuk mencari tahu mana saja long keywords yang paling banyak dicari dan tentunya pesaingnya sedikit.

5. Perhatikan Gambar !

Click Gambar untuk diperbesar
Gambar tersebut adalah tampilan awal dari google planner, pada menu tersebut silahkan kalian klik yang bertuliskan "Get Search Volume for a List for keywords or group them into ad groups"
Setelah itu akan muncul sebuah kotak yang menyuruh kita untuk mengisikannya dengan kata kunci yang ingin kita cari. Nah silahkan tinggal pastekan saja kata kunci yang sudah kita copy tadi di kotak terebut. Maka setelah itu akan langsung keluar semua kata kunci tersebut.
Click Gambar untuk diperbesar
Nah setelah itu, scroll layar monitor ke bawah sedikit. Silahkan isi target sesuai dengan pilihan kalian.

Click Gambar untuk diperbesar

Karena saya mencari targetnya di Indonesia, maka saya pilih :
Indonesia (untuk target negaranya), dengan
Pencarian : "Google" dan
Date range : berdasarkan rata - rata pencarian kata kunci/bulan selama satu tahun (Show avg. monthly searches for last 12 months).
Jika selesai click "Get Search Volume".

6. Nah setelah itu akan muncul deretan informasi tentang kata kunci tersebut, mulai dari kata kunci yang paling dicari sampai jumlah kompetitornya. Pada bagian ini saya sarankan :
  • Pilih long tail keywords yang paling panjang (Minimal 4 kata) dengan pencarian/bulan 10 ke atas dan persaingannya "Low". 
  • Silahkan kamu pilih mana saja yang masuk kriteria tersebut, tulis di word atau apa aja yang bisa dipakai untuk menulis kata kunci tersebut.
Contoh :


Pada kasus saya, deretan kata kunci yang masuk kriteria adalah :
  • Artikel kesehatan tubuh manusia 
  • Cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat 
  • Tentang kesehatan tubuh manusia
Sudah seharusnya saya mengambil kata kunci - kata kunci tersebut untuk di terapkan di blog, karena sudah masuk kriteria yang dimaksud.
 7. Selesai

Hmm, mungkin segitu saja dulu penjelsan dari saya. Selanjutnya jika ada waktu saya akan berikan tips dan trik yang lain yang tentunya sangat menarik untuk dibahas. Lebih dari itu saya harapkan kalian semua senang dengan apa yang telah saya sampaikan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan coret - coret di komentar saja ya. Awas jangan Nyepam.

0 Response to "Cara Menentukan Keyword yang Tepat untuk Blog"

Post a Comment